Kanwil Kemenkumham Jabar Raih Penghargaan Kategori Pengelolaan Website Terbaik

Kanwil Kemenkumham Jabar Raih Penghargaan Kategori Pengelolaan Website Terbaik


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
Kanwil Kemenkumham Jabar Raih Penghargaan Kategori Pengelolaan Website Terbaik

Signal, Nasional – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) menerima penghargaan dalam kegiatan Penguatan Tugas & Fungsi Sekretariat Jenderal Kemenkumham dan Public Relations Briefing Tahun 2023 yang berlangsung di Graha Pengayoman, Jakarta (Jumat, 17/02/2023).

Dalam kegiatan yang berlangsung pada siang hari ini, Kanwil Kemenkumham Jabar meraih Penghargaan Terbaik II dalam Kategori Pengelola Website Terbaik pada Tingkat Kantor Wilayah.

Adapun yang meraih posisi pertama adalah  Kanwil Kemenkumham Jawa Timur  dan Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur di posisi ketiga.

Dalam penyerahan penghargaan ini Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya, yang didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Anggiat Ferdinan dan Kepala Bagian Program & Humas Archie Tigor Mangunsong, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Andap Budhi Revianto.

Adapun yang menjadi indikator penilaian dalam penghargaan ini terdapat beberapa hal, mulai dari kelengkapan informasi publik yang ditampilkan di website, serta trafik pengunjung website yang terbagi atas jumlah pengunjung di website dan durasi kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung website tersebut.

Selain dilaksanakannya pemberian penghargaan kepada unit – unit kerja Kemenkumham pada acara Penguatan & Public Relations Briefing ini, kegiatan juga diisi dengan penyampaian seminar bertema “Understanding Indonesian Media Landscape” yang dibawakan oleh Pemimpin Redaksi Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo.

Dalam materinya, Arief menyampaikan akan pentingnya Humas untuk memiliki skill dalam berinteraksi dengan media sebagai bentuk “manajemen kreasi konten”.

Arief juga menjelaskan beberapa contoh terhadap instansi dan BUMN yang melakukan manajemen kreasi konten dengan baik, di mana salah satunya merilis data, infografis serta media foto/video secara teratur dan berkala sehingga arus informasi merekalah yang kendalikan dan media tidak perlu lagi meminta langsung kepada Humas instansi tersebut.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Kemenkumham merupakan salah satu Kementerian yang selalu diawasi oleh masyarakat melalui media karena rawan akan krisis serta urusannya yang menyangkut nyawa manusia dan kebebasan warga negara.

“Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh Humas instansi negara, seperti tidak diminatinya berita seremonial oleh masyarakat, pentingnya menentukan konten dan substansi yang tepat agar humas tidak terpaku pada jumlah pemberitaan, serta bagaimana memanfaatkan media sosial untuk menjangkau langsung masyarakat tanpa perlu pihak ketiga,” jelasnya.

Mengakhiri kegiatan PR Briefing ini kemudian kegiatan ditutup dengan penyampaian penguatan oleh Sekjen Andap terkait hasil kinerja pilar pusat Kemenkumham RI di tahun 2022.

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

aksara
inquiry