Wajah Baru Masjid Agung Indramayu, Tempat Bersejarah yang Ramah Anak

Wajah Baru Masjid Agung Indramayu, Tempat Bersejarah yang Ramah Anak


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
Wajah Baru Masjid Agung Indramayu, Tempat Bersejarah yang Ramah Anak

Masjid Agung Indramayu merupakan salah satu masjid berusia tua di provinsi Jawa Barat dan sejak saat berdirinya sudah menjadi pusat kegiatan keagamaan di daerah tersebut.

Masjid Agung yang terletak bersebelahan dengan pendopo Kabupaten Indramayu itu konon dibangun pada tahun 1965. Namun ada dua versi sejarah yang lain yang menyebutkan bahwa Masjid Agung Indramayu pertama kali dibangun sebagai sebuah langgar atau mushola tahun 1937, versi lainnya bahkan menyebutkan sudah berdiri sejak tahun 1820.

Siapa sangka, kini Masjid tersebut telah menjadi kebanggaan warga setempat bahkan menjadi salah satu Ikonik di kota yang terkenal dengan buah mangganya itu.

Saat ini, ternyata belum banyak yang tahu, jika sekarang Majid Agung Indramayu memiliki wajah baru dengan konsep Ramah Anak. Tampilannya lebih indah dengan rumput sintetis disekelilingnya.

Tak hanya itu, di area masjid juga dibangun taman dengan berbagai tumbuhan yang menawan, serta pepohonan yang rindang menambah kesejukan di kawasan masjid tersebut. Siapa pun yang singgah pasti bakalan betah.

“Kami merenovasi masjid agung ini tujuannya agar terlihat lebih indah dan juga bisa untuk anak-anak agar dapat menyukai masjid,” ujar Staf Sekretariat Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Indramayu, Annas Nasrullah, Selasa (5/7/2022).

Annas berharap, ke depan Masjid Agung Indramayu bisa menjadi contoh sebagai Masjid yang ramah anak.

“Jadi nanti bakal ada renovasi tahap dua, dengan memperluas pengadaan rumput sintetis di sebelah kanan Masjid, serta kami juga akan membangun wahana permainan anak, seperti prosotan, ayunan, dan lain sebagainya,” kata dia.

Sementara, salah satu Jamaah, Iwan Setiawan mengungkapkan, dia sangat mengapresiasi pengurus Masjid yang telah mengubah konsep Masjid Agung menjadi ramah anak.

“Semoga konsep seperti ini bisa diikuti oleh masjid-masjid lainnya, supaya anak-anak nantinya bisa lebih menyukai masjid,” ucap dia.



Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

aksara
inquiry